MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI
Mata pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas/semester : I/1
Peretmuan ke- :
1
Materi pokok :
Rukun Iman
Alokasi
waktu : 4 Jp / 4X 35
menit ( 2 pertemuan)
a)
KOMPETENSI INTI
1.
Kompetensi Inti
(KI 1):
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Kompetensi Inti
(KI 2):
Memiliki
perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, santun, peduli,dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
3.
Kompetensi Inti
(KI 3):
Memahami
pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Kompetensi Inti (KI 4):
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
b)
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1. Meyakini
rukun iman
1.2.
Membiasakan berperilaku yang merefleksikan orang yang beriman
1.3. Mengenal
enam rukun iman
1.3.1. Menjelaskan pengertian dasar
rukun iman
1.3.2.
Menyebutkan macam rukun iman
1.3.3.
Menjelaskan rukun iman
1.3.4.
Menjelaskan ciri-ciri orang yang beriman
1.4.
Menunjukkan perilaku beriman kepada enam rukun iman
1.4.1. Melafalkan rukun iman dengan
benar
1.4.2.
Menuliskan rukun iman
c)
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui uswah,
peserta didik dapat menunjukkan sikap meyakini tentang rukun iman dengan benar.
2.
Melalui ceramah
peserta didik dapat menjelaskan pengertian dasar rukun iman dengan benar
3.
Melalui
pengamatan peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri orang beriman dengan tepat
4.
Melalui Tanya
jawab dan diskusi kelompok, peserta didik dapat menjelaskan masing-masing rukun
iman dengan benar dan urut.
5.
Melalui drill ,
peserta didik dapat melafalkan rukun iman dengan benar dan urut.
6.
Melalui
modeling peserta didik dapat menuliskan 6 rukun iman
d)
MATERI
PEMBELAJARAN
Rukun
Iman ada 6.
·
Iman kepada
Allah
·
Iman kepada
Malaikat Allah
·
Iman kepada
Kitab Allah
·
Iman kepada
Rasul Allah
·
Iman Kepada
Hari Kiamat
·
Iman kepada
qada’ dan qadar ( Takdir Allah )
e)
METODE
PEMBELAJARAN
Uswah,
pengamatan, ceramah, Tanya jawab, resitasi, modeling,
f)
MEDIA,
ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media: video, laptop, gambar
2.
Alat/Bahan:
kertas asturo, spidol, benang, gunting
3.
Sumber
Pembelajaran: Buku Paket, lingkungan, pengalaman siswa, internet
g)
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
I
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
·
Guru membuka
pelajaran dengan mengucap salam kepada para siswa dan menyapa mereka penuh kehangatan
·
Guru bertanya
kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini apakah baik-baik
saja atau ada yang sedang tidak enak badan
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru mengadakan
tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal
·
Guru
mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik melalui senam otak/menyanyi
·
Guru
menjelaskan langkah-langkah kegiatan yang dilaksanakan selama proses
pembelajaran.
·
Guru membentuk
kelompok diskusi.
b.
Kegiatan Inti
·
Mengamati
Ø Guru mengajak peserta didik untuk mengamati tayangan yang di
tampilkan di LCD.
·
Menanya
Ø Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memberikan
komentarnya tentang tayangan tersebut
dengan tertib dan tidak berebutan.
Ø Guru menanyakan kepada peserta didik tentang macam rukun iman (biasanya
ada beberapa anak yang memang sudah pernah hafal)
·
Eksplorasi
Ø Dengan kelompoknya peserta didik berdiskusi untuk mengurutkan 6
rukun iman yang diberikan guru secara acak.
Ø Dengan kelompoknya peserta didik dapat menggali rukun iman secara
urut
·
Mengasosiasi
Ø Dengan kelompoknya peserta didik dapat merumuskan urutan 6 rukun
iman
Ø Dengan kelompoknya peserta didik menyusun urutan rukun iman dengan
benar
·
Mengkomunikasi
Ø Masing-masing kelompok mempresentasikan dan dilanjutkan dengan
menempel hasil diskusinya.
b.
Penutup:
Ø Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru mengajak peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
Ø Guru mengadakan tes lisan
Ø Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
Ø Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan penanaman KI 1 dan
KI 2
Ø Guru mengajak berdo’a akhir majlis dilanjutkan dengan salam dan
berjabat tangan.
Pertemuan
II
c.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
·
Guru membuka
pelajaran dengan mengucap salam kepada para siswa dan menyapa mereka penuh kehangatan
·
Guru bertanya
kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini apakah baik-baik
saja atau ada yang sedang tidak enak badan
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru mengadakan
tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal
·
Guru
mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan tepuk:
Tepuk rukun iman plok plok plok
Satu plok plok plok allah
Dua plok plok plok malaikat
Tiga plok plok plok kitab
Empat plok plok plok rasul
Lima plok plok plok kiamat
Enam plok plok plok takdir
·
Guru
menjelaskan langkah-langkah kegiatan yang dilaksanakan selama proses pembelajaran.
·
Guru membentuk
kelompok diskusi.
b.
Kegiatan Inti
·
Mengamati
Ø Guru mengajak peserta didik untuk mengamati tayangan yang di
tampilkan di LCD.
·
Menanya
Ø Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memberikan
komentarnya tentang tayangan tersebut
dengan tertib dan tidak berebutan.
·
Eksplorasi
Ø Dengan kelompoknya peserta didik berdiskusi tentang pengertian
masing-masing rukun iman.
Ø Dengan kelompoknya peserta didik dapat menggali pengertian
masing-masing rukun iman
·
Mengasosiasi
Ø Dengan kelompoknya peserta didik dapat merumuskan pengertian
masing-masing rukun iman
Ø Dengan kelompoknya peserta didik dapat membuat peta konsep tentang
pengertian masing-masing rukun iman
·
Mengkomunikasi
Ø Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi dan dilanjutkan dengan menerima tanggapan dari kelompok lain
d.
Penutup:
Ø Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru mengajak peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
Ø Guru mengadakan tes tulis
Ø Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
Ø Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan penanaman KI 1 dan
KI 2
Ø Guru mengajak berdo’a akhir majlis dilanjutkan dengan salam dan
berjabat tangan.
h)
PENILAIAN
1. Tes tulis bentuk Uraian
1.
Jelaskan
pengertian rukun iman!
2.
( Dengan
disajikan 4 ganbar yang berbeda) Perhatikan gambar di samping!
Tunjukkan
dengan menuliskan kode gambar mana yang menun jukkan cirri-ciri orang beriman!
3.
Tuliskan
rukun iman secara urut!
4.
Jelaskan
dengan gambar masing-masing rukun iman! ( Disajikan 6 gambar yang menunjukkan
rukun iman)
Kunci Jawaban:
1.
Rukun
iman adalah dasar kepercayaan
2.
Ciri-ciri
orang beriman terdapat pada gambar 2 dan 4
3.
Rukun
iman ada 6:
Iman kepada
Allah
Iman kepada
Malaikat Allah
Iman kepada
Kitab Allah
Iman kepada
Rasul Allah
Iman Kepada
Hari Kiamat
Iman kepada
qada’ dan qadar ( Takdir Allah )
4. Gambar 1 : menunjukkan iman kepada Allah
Gambar 2 : menunjukkan iman kepada Malaikat
Allah
Gambar 3:
menunjukkan iman kepada Kitab Allah
Gambar 4 : menunjukkan iman kepada Rasul
Allah
Gambar 5 : menunjukkan iman kepada Hari Kiamat
Gambar 6 : menunjukkan iman kepada Qada’ dan
Qadar Allah
Penskoran:
Skor 4, jika
jawaban semua benar
Skor 3, jika 3
jawaban yang benar
Skor 2, jika 2
jawaban yang benar
Skor 1, jika 1
jawaban yang benar
Skor perolehan
Nilai = ------------------------- X 4
Skor maksimal
2. Unjuk kerja
NO
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
SKOR
|
||
KETEPATAN
|
KECEPATAN
|
KERJASAMA
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
Aspek yg dinilai
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Ketepatan/
Urut
|
Jika disusun secara urut seluruhnya
|
Jika ada 1 urutan yang salah
|
Jika ada 2 urutan yang salah
|
Jika semua tidak urut
|
Kecepatan
|
Jika selesai lebih awal
|
Jika selesainya ke dua lebih awal
|
Jika selesainya ketiga lebih awal
|
Jika selesainya keempat dan seterusnya
|
Kerjasama
|
Antar anggota kelompok sangat baik
|
Antar anggota kelompok
baik
|
Antar anggota kelompok cukup baik
|
Antar anggota kelompok kurang baik
|
Skor perolehan
Nilai = --------------------- X 4
Skor maksimal
3. Lembar
Penilaian Diri sikap Spiritual
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya bersyukur karena diberi Allah kesempatan belajar
|
|
|
2
|
Saya yakin bahwa kekuatan yang ada pada diri manusia adalah
pemberian Allah
|
|
|
3
|
Saya yakin bahwa saya percaya akan 6 rukun iman
|
|
|
4
|
Saya yakin bahwa mengucapkan rukun iman adalah ibadah
|
|
|
5
|
Saya yakin bahwa
|
|
|
Skor 1 jika
jawab YA, skor 0 jika jawab TIDAK
Skor perolehan
Nilai = --------------------- X 4
Skor maksimal
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. MOH.SALEH BASIT
NIP. 196609052002121002
|
Pamekasan, 12 Juli 2016
Guru Mapel
HAFILUDDIN, S.Pd.I
NIP. 196703172006041004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar